Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Menggunakan aplikasi wordwall untuk mengatasi permasalahan siswa dalam menguasai kosa kata, struktur teks dan unsur kebahasaan dalam pembelajaran Teks Narrative mata pelajaran Bahasa dan sastra Inggris, kelas XI MIPA 3 SMAN 1 AMPEL
Lokasi |
SMAN 1 AMPEL |
Lingkup Pendidikan |
SMA |
Tujuan yang ingin dicapai |
Tujuan pembelajaran yang ingin dicapai adalah di akhir pelajaran, siswa dapat:
|
Penulis |
Rika Isbandini, S.Pd. |
Tanggal |
05 Januari 2023 |
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
|
Yang menjadi latar belakang masalah adalah kemampuan siswa dalam menguasai kosa kata, struktur teks dan unsur kebahasaan serta pemahaan teks narrative yang masih rendah. Hal ini di buktikan dengan seringnya nilai dibawah KKM lebih dari 50% siswa ketika guru melaksanakan penilaian pada materi teks narrative.
Praktik ini penting untuk dibagikan karena saya merasa dengan adanya praktik ini saya mampu memberikan motivasi kepada diri sendiri dan menjadikan referensi kepada rekan sejawat yang mengalami permasalahan mengajar yang sama.
Dalam praktik ini, peran dan tanggung jawab saya adalah sebagai guru pengajar mata pelajaran Bahasa dan Sastra Inggris di dalam kelas. |
Tantangan : Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat.
|
Ada 4 hal yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut. Yang pertama, Pemilihan model dan metode yang tepat dan menarik serta meningkatkan motivasi bagi siswa untuk menambah kosa kata, struktur teks dan unsur kebahasaan, serta pemahaman teks narrative.
Ketiga guru harus mampu merancang pembelajaran dengan materi HOTS serta menyiapkan perangkat pembelajaran dan media yang efektif.
Keempat, Karena spesifikasi gadget yang dimiliki siswa berbeda beda, ketika penggunaan aplikasi wordwall terkadang gadget mengalami kendala tidak bisa di mainkan, sementara penghitung waktu mundur tetap berjalan, maka guru harus memanfaatkan waktu seefisien mungkin mengatasi kendala tersebut agar proses pembelajaran berjalan sesuai sintaksis pada RPP dan tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.
Dalam kegiatan ini, pihak yang terlibat adalah guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Inggris dan 20 orang siswa kelas XI (kelas 11 MIPA 3) di SMAN 1 AMPEL. |
Aksi : Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini
|
Strategi yang digunakan untuk menghadapi tantangan tersebut adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran Problem Based Learning dan berbasis game, dengan menggunakan aplikasi wordwall jenis match up dan quizz. Proses implementasi strategi tersebut adalah sebagai berikut: 1. Wordwall Match up https://wordwall.net/resource/38751802 untuk memberikan pretest kepada siswa yang berisikan kosa kata yang ada pada video youtube berupa narrative teks fabel berjudul ”The turtle and the rabbit” yang akan di tayangkan. 2. Wordwall quizz https://wordwall.net/resource/38877554 untuk memberikan post test kepada siswa yang berisikan kosa kata yang ada pada video youtube berupa narrative teks fabel berjudul ”The tutrtle and the rabbit” yang telah di tayangkan. 3. Mentimeter https://www.menti.com/alht4odnydnn untuk menampung kosa kata sulit yang di temukan siswa dalam narrative teks berjudul ”The Donkey from Guizhou” 4. Google form https://forms.gle/JCNcp7D62kPFDKCu7 yang di gunakan untuk menampilkan LKPD.
Materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini adalah sebagai berikut: 1. Video YouTube dengan link https://www.youtube.com/watch?v=-cpsn8_zSkU yang berisi teks Narrative Fable berjudul “The Turtle and Rabbit”. 2. Powerpoint untuk menampilkan paparan materi. |
Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut
|
Dampak dari implementasi strategi pembelajaran Problem Based Learning dengan wordwall jenis match up dan quizz ini siswa bisa menjadi lebih aktif dan termotivasi dalam menambah kosa kata baru, pemahaman teks narrative berupa struktur teks dan unsur kebahasaan. Hal ini terbukti dengan meningkatnya score pada post test yang saya berikan. Berikut merupakan contoh dari hasil pretest dan post test kelompok Nevara Maisya Ezzel dengan Endang Apriani. Pretest Post test Dalam refleksi pembelajaran yang saya berikan kepada 20 siswa usai melaksanakan pembelajaran bisa di lihat dari diagram di bawah ini, pada soal nomor 4 dan 5 membuktikan bahwa siswa merespon dengan baik penggunaan wordwal untuk menambah kosa kata baru, serta siswa menginginkan penggunaan aplikasi wordwall kembali di jadwal mata pelajaran berikutnya. Keterangan dari diagram tersebut angka 5 adalah point yang paling tinggi, sedangkan 1 adalah yang paling rendah
Secara keseluruhan, metode ini dapat menjadi salah satu jawaban untuk permasalahan pembelajaran yang dihadapi oleh para siswa. Yang menjadi faktor keberhasilannya adalah siswa merasa sedang memainkan sebuah game, tanpa di sadari mereka menghafal dan menambah kosa kata baru untuk mendapatkan score yang baik dalam memainkan wordwall match up maupun quizz. Hal ini dapat menunjang kemampuan pemahaman struktur teks dan unsur kebahasaan siswa dalam pemahaman teks narrative terbukti pada LKPD yang di kerjakan siswa semua telah melampaui KKM. |
0 Komentar
Untuk mengirimkan komentar silakan login terlebih dahulu!